Jumat, 08 April 2016

Konsep - konsep Pemasaran


Orientasi perusahaan ke arah tempat pasar

1.      Konsep produksi
Konsep produksi adalah salah  satu dri konsep tetua dalam bisnis. Konsep ini menegaskan bahwa konsumen akan memilih produk yang tersedia di mana-mana dan akan memlih produk termurah.

2.      Konsep produk
Konsep produk meyatakan bahwa konsumen akan lebih menyukai produk-produk yang menawrkan fitur-fiur paling bermutu,berprestasi, atau novatif. Para meneger dalam organisasi ini berfokus pada pembuat produk yang superior dan meningkatkannya sepanjang waktu.

3.      Konsep penjualan
Konsep penjualan menyatakan bahwa konsumen dan bisnis, jika ditinggalkan sendiri, biasanya tidak akan membeli cukup banyak produk-produk organisasi. Tujuan pemasaran adalah menjual lebih banyak barangg kepada lebih banyak orang lebih sering untuk mendapatkan lebih banyak uang supaya dapat menghasilkan laba yang lebih banyak.

4.      Konsep pemasaran
Konsep pemasaran muncul pada pertengahan tahun 1950-an. Konsep pemasaran menegaskan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi yang ditetapkan adalah perusahaan tersebut harus menjadi lebih efektif dibandingkan dengan para pesaing dalam  menciptakan, menyerahkan, dan mengomunikasikan nilai pelanggan kepada pasar sasaran yang tepilih.

5.      Konsep pemasaran holistik
Keseluruhan perangkat kekuatan yang tampak dalam dasa warsa terakhir menuntut prarktik pemasaran dan bisnis baru. Perusahaan membuuhkan pemkiran segar tenteng bagai mana beroprasi dan bersaing dalam lingkungan pemasaran baru.

6.      Pemasaran relasi
Tujuan utama pemasaran adalah mengembangkan hubungan agar bertahan lama dan mendalam dengan semua orag atau organisais yang dapat secara langsun atau tidak langsung memengaruhi keberhasilan kegiatan pemasaran perusahaan. Pemasaran relasi mempunyai tujuan membangun hubungan jangka panjang yang saling memuaskan dengang pihak-pihak yang memiliki kepentingan utama.

7.      Pemasaram terpadu
Tugas pemasaran adalah merencanakan kegiatan pemasaran an merakit program ppemasaran yang sepenuhnya terpadu unuk menciptakan,, mengomunikasikan , dan menyerahkan nilai bagi konsumen.

8.      Pemasaran internal
Tugas pemasaran  internal adalah merekrut, melatih, dan memotivasi karyawan yang mampu untuk melayani pelanggan dengan baik. Pemasaran intrnal harus berlangsung pada dua level. Pada level satu, berbagai berbagai fungsi pemasaran tenaga penjual, iklan, layanan pelanggan, manajemen produk, riset pemasaran harus bekerja sama. Pada level lain, pemasaran harus dirangkul oleh departemen lain. Mereka juga harus memikirkan pelanggan .

9.      Pemasaran yang bertanggung jawab sosial
Pemasaran holistik menggabungkan pemasaran yang bertanggung jawab sosial dan pemahaman masalah-masalah yang lebih luas serta konteks etis, lingkungan hidup, hukum dan sosial dari kegiatan dan program pemasaran. Konsep pemasaran sosial menuntut pemasar membangun pertibangan-pertimbangan sosial dan etis ke dalam praktik pemasaran mereka.


B. Konsep, Tren, dan Tugas Pemasaran Fundamental

1.      Kebutuhan, keinginan, dan permintaan
Pemasar berupaya harus memahami kebutuhan, keinginan, dan permintaan pasar sasaran. Kebutuha merupakan tuntutan dasar manusia misalnya pakain, air, dan udara. Orang-orang juga sangat membutuhkan rekreasi, pendidikan, dan hiburan. Kebutuhan-kebutuhan itu menjadi keinginan bila diarahkan kepada sasaran-sasaran fesifik yang mungkin dapat memenuhi kebutuhan. Permintaan adalah keinginan akan produ-produk spesifik yang didukung oleh kemampuan untuk membayar.

2.      Tawaran dan merek
Perusahaan mengajukan kebutuhan-kebutuhan dengan mencetuskan suatu usulan/propisisi nilai, suatu perangkat mamfaat yang mereka tawarkan kepada pelanggan guna memuaskan kebutuhan mereka.

3.      Nilai dan kepuasan
Tawaran akan berhasil  jika memberikan nilai dan kepuasan kepada pembeli sasaran. Pembel di antara beraneka ragam tawaran yang dianggap memberikan nilai yang paling banyak.

4.      Saluran pemasaran
Untuk mencapai pasar sasaran, pemasar menggunakan tiga jenis saluran pemasaran. Saluran komunikasi digunakan untuk menyerahkan dan menerima pesan dari pembeli sasaran. Saluran distribusi untuk memamerkan atau menyerahkan produk fisikatau jasa kepada pembeli atau pengguna. Saluran  jasa untuk melakukan ttransaksi dengan pembei potensial.

5.      Rantai  pasokan
Rantai  pasokan  mengambarkan sutau saluran  yang lebih panjang yang terentang dari bahan mentah .

6.      Persaingan
Persaingan mencakup semua tawaran dari pesaing serta barang pengganti yang aktual dan potensial yang mungkin di pertimbangkan oleh pembeli

7.      Lingkungan pemasaran
Lingkungan pemasaran itu terdiri dari lingkungan tugas dan lingkungan luas.lingkungan tugas, mencakup aktor-aktor dekat yang terlibat dalam memprouksi, menyalurkan, dan mempromosikan tawaran.lingkungan luas, lingkungan ini mengandung kekuatan yang dapat membawa dampak  utama bagi para pelaku di lingkungan  luas para pelaku pasar harus membeli terhadap kecendrungan dan perkemnbangan atas strategi pemasaran.

8.      Perencanaan pemasaran
Proses perencanaan pemasaran terdiri dari menganalisis peluang pemasran, menyeleksi pasar sasaran, merancang strategi pemsaran, mengembangkan program pemasaran, dan mengelola usaha pemasaran.


C.Pergeseran dalam manajemen pemasaran

1. dari pemasaran melakukan tugas pemasaran kesetiap orang melakukan tugas pemasaran, suatu perusahaan pada umumnya membangun suatau departemen pemasaran untuk bertanggung  jawab menciptakan dan menyerahkah nilai pelanggan

2. dari melalui pengorganisasi oleh unit produk ke pengorganisasi melalui sekmen pelanggan, beberapa perusahaan sekarang ini beralih dari hanya pusat pada produk dengan menejer produk dan divisi produk mengelolanya menjdai lebih berpusat pada sekmen pelanggan.

3. dari membuat segala sesuatu lebih banyak barang dan jasa dari luar

4. dari menggunakan banyak pemasok ke bekerja dengan lebih sedikit pemasok dalam ”kementrian “

5. dari mengendalikan posisi pasar lama ke menyingkapkan yang baru

6. dari menekankan aset berwujud ke menekankan aset tak berwujud

7. dari membangun merek melalui iklan sampai membangun merek melalui kinerja dan komunikasi terpadu

8. dari menarik pelanggan melalui toko dan tenag penjual ke menyediakan produk secara online.

9. dari menjual kepada setiap orang ke upaya menjadi perusahaan  terbaik yang melayani pasar sasaran yang di tetap kan dengan baik

10. dari berfokus pada tranksasksi yang mampumenghasilkan  laba ke berfokus pada nilai masa hidup pelanggan

11. dari menjadi lokal ke menjadi global baik global maupun lokal

12. dari berfokus pada kartu skor keuangan ke berfokus pada kartu skor pemasaran

13. dari berfokus pada pemegang saham ke berfokus pada pemercaya


D. Tugas manajemen  pemasaran
1.      Mengembangkan strategi dan rencana pemasaran
2.      Merebut pencerahan pemasaran
3.      Berhubungan dengan pelanggan
4.      Membangun merek yang kuat
5.      Membentuk tawaran pasar
6.      Menyerahkan nilai
7.      Mengomunikasikan nilai
8.      Menciptakan pertumbuhan jangka panjang

Load disqus comments

0 komentar